Breaking

LightBlog

Wednesday 24 April 2013

Bagaimana menjaga Android kita agar Awet dan tidak Mudah rusak

Memiliki Android memang seakan suatu keharusan pada zaman sekarang ini. Selain dikarenakan teknologinya yang canggih yang memungkinkan kita untuk dapat mengeksplor semua hal di dunia, android juga memiliki beberapa fungsi yang dapat memudahkan hidup kita. Namun terkadang android juga menjadi sebuah masalah oleh pengguna karena terkadang android bisa saja mengalami error yang sulit untuk diatasi. Apalagi kebanyakan orang awam banyak melupakan sisi penggunaan android itu sendiri atau kadang memakai seenaknya saja tanpa aturan. Padahal dengan melakukan hal yang biasa menurut kita, mungkin itu menjadi luar biasa pada android kita atau bisa menyebabkan android kita menjadi rusak. Jika anda mempunyai ponsel android, pasti anda ingin agar ponsel anda tidak cepat rusak dan berharap agar ponsel android anda awet.  Untuk itu kita harus mengetahui Tips Merawat Android  dengan baik  agar kelak kualitas android anda tetap terjaga.
Untuk melakukan hal tersebut, berikut ini saya jabarkan beberapa tips untuk menjaga ponsel android kita agar selalu terawat dan awet.
  • Yang pertama ialah jangan sering instal dan uninstal Aplikasi karena bagaimana pun juga jika menginstal aplikasi pasti akan ada data yang tersimpan secara otomatis pada RAM walaupun ukurannya relatif kecil, dan ponsel yang suka instal atau uninstal aplikasi otomatis RAM-nya akan terus bekerja, hal tersebut sangat berlaku pada kinerja RAM sehingga umurnya akan menjadi lebih pendek, dan bisa juga sampai menyebabkan RAM rusak setelah itu kinerja ponsel akan sangat menurun terutama dalam kecepatan mengakses menu.
  •  Jika anda ingin mengupgrade ponsel android, sebaiknya pastikan bahwa file tersebut aman untuk upgrade dan sudah ada review atau komentar. 
  • Guakanlah antivirus untuk android yang handal. Ini dikarenakan virus dan Trojan akan lebih mudah untuk masuk ke dalam system android jika android sudah dalam keadaan root.
  • Jika  ingin mendownload aplikasi untuk ponsel android anda, usahakan download aplikasi tersebut di google play. Cek aplikasi tersebut apakah terdapat rating yang bagus dan apakah aplikasi tersebut mendapat banyak review bagus dari pengguna. Jika bagus, maka aplikasi tersebut kemungkinan memiliki kualitas yang bagus.
  • Rawatlah layar sentuh Android Anda karena ponsel android terkenal dengan desainnya yang mengusung full touch screen alias sangat mengutamakan sentuhan pada layar untuk pengoperasiannya, perlakukan ponsel android anda dengan lembut, agar respon sentuhannya tetap seperti ketika pertama kali baru digunakan karena tidak semua ponsel android memiliki layar yang bagus dan jika disentuh secara kasar dapat mengurangi kecepatan respon layar ponsel. 
  • Jika kita membawanya ada baiknya kita menggunakan dompet atau tempat ponsel lainnya yang tidak bisa menimbulkan listrik statis. Karena ponsel yang biasanya diletakan pada saku celana secara tidak sengaja akan tertekan listrik statis akibat gesekan dengan kain celana, dan akibatnya adalah respon layar akan semakin menurun dan tidak jarang sampai layarnya harus diganti akibat sudah tidak responsip lagi. Listrik statis dapat disebabkan oleh kain, plastik ataupun yang lainnya, listrik statis sendiri sangat berbahaya bagi ponsel android yang umumnya mengusung full touch screen. 
  • jika baterai habis silakan non aktifkan ponsel dan lakukan pengisian ulang. Selain itu anda tidak boleh menggunakan ponsel anda ketika sedang melakukan pengisian baterai, karena hal ini dapat membuat ponsel panas dan merusak komponen penting pada ponsel.http://img.wonderhowto.com/img/original/60/50/63501640708750/0/635016407087506050.jpg
  • Hindari android anda dari jatuh atau terkena air. Ini akan cepat merusak ponsel android anda.
  • Hindari modding android yang berbahaya. Modding atau memodifikasi android yang berbahaya bisa menyebabkan ponsel android mengalami brick atau bahkan lebih parah lagi. 

No comments:

Post a Comment

Adbox